PDA

View Full Version : Shiromuji



baruna02
09-01-2011, 08:06 AM
Dear All,

Ceritanya bermula disaat saya berkunjung ke penjual koi kemaren. Ditengah-tengah kohaku, showa, shiro, sanke dan jenis hikari lainnya terdapat seekor koi yang putih polos yg menarik perhatian saya, yang kemudian saya tahu ini jenis shiromuji.

http://i802.photobucket.com/albums/yy305/baruna02/IMG00149-20110109-0824.jpg

Yang menarik adalah ikan yang ukuran 35 cm ini cuma di lepas 30rb an, sungguh jauh sekali dibandingkan dengan koi yg lain pada ukuran sama. Menurut si penjual alasan di melepas dgn harga segitu karena jarang ada orang mencari jenis shiromuji dikarenakan asumsi orang, jenis ikan tersebut adh koi afkiran.

Dengan melihat body, ukuran, tubuh yg putih mulus buat saya yang pemula ini sebenarnya ikan tersebut tidak layak disebut afkiran. Apa bedanya dengan benigoi, aka hijori. Apalagi pada saat saya search ikan jenis tersebut mendapatkan tempat terhormat di Nigata Nogyosai 2010 sejajar dengan gosanke dari bredeer ternama lainnya

Pertanyaan saya adh
1. Apakah shiromuji adh jenis koi afkiran? adakah yg salah dgn asumsi tersebut?
2. Apakah ada point-point penilaian utk menentukan shiromuji yg baik?

Mari kita berbagi..silahkan ditambahkan jika ada yg kurang

Trims

Monggalana
09-01-2011, 09:34 AM
shiromuji mmg ga ada harga om.. itu ikan afkir.. liatnya ttp dr kualitas body n warna putihnya

baruna02
09-01-2011, 11:41 AM
shiromuji mmg ga ada harga om.. itu ikan afkir.. liatnya ttp dr kualitas body n warna putihnya

Om Monggalana, ada literatur/referensi yg sah yg menyatakan jenis shiromuji adalah jenis koi afkiran? Mohon di shre pak kalo ada..jadi penasaran nih

neutokoi
09-01-2011, 02:36 PM
om, setahu saya shiromuji itu ikan afkiran karena tidak jadi warnanya, adanya cuman putih, tidak ada beni maupun sumi

abiserpong
09-01-2011, 04:17 PM
shiromuji mmg ga ada harga om.. itu ikan afkir.. liatnya ttp dr kualitas body n warna putihnya


om, setahu saya shiromuji itu ikan afkiran karena tidak jadi warnanya, adanya cuman putih, tidak ada beni maupun sumi
Dalam setiap kali ngebreed koi, hampir selalu ditemui anakan yang putih polos ( shiromuji, yang prosentasenya cukup besar ) tergantung varietas & genetik indukannya.
Biasanya pada seleksi awal Shiromuji / koi tanpa pigmen warna ini, akan langsung dipisahkan untuk dibuang ..... jadi memang merupakan anakan ikan koi afkiran om baruna02. Salam.

Silent_Forest
09-01-2011, 04:29 PM
Dalam setiap kali ngebreed koi, hampir selalu ditemui anakan yang putih polos ( shiromuji, yang prosentasenya cukup besar ) tergantung varietas & genetik indukannya.
Biasanya pada seleksi awal Shiromuji / koi tanpa pigmen warna ini, akan langsung dipisahkan untuk dibuang ..... jadi memang merupakan anakan ikan koi afkiran om baruna02. Salam.

Dengan prosentase nya yang besar berarti koi ini mudah sekali di peroleh namun di sisi lain permintaan akan jenis koi ini sangatlah sedikit jumlah nya agar koi 2x ini laku di pasaran maka koi ini di hargai murah oleh para penjual, bukan begitu om abi

abiserpong
09-01-2011, 04:42 PM
Dengan prosentase nya yang besar berarti koi ini mudah sekali di peroleh namun di sisi lain permintaan akan jenis koi ini sangatlah sedikit jumlah nya agar koi 2x ini laku di pasaran maka koi ini di hargai murah oleh para penjual, bukan begitu om abi
Biasanya anakan koi shiromuji ini jarang yang sampai tumbuh dewasa/ tidak dibesarkan om silent,...... hasil seleksi awal ( kebanyakan shiromuji/ polos ) biasanya dijual literan oleh Sang breeder untuk pakan arwana, louhan, ( di Jepang langsung dimusnahkan )......... dst.

rvidella
09-01-2011, 05:14 PM
Biasanya anakan koi shiromuji ini jarang yang sampai tumbuh dewasa/ tidak dibesarkan om silent,...... hasil seleksi awal ( kebanyakan shiromuji/ polos ) biasanya dijual literan oleh Sang breeder untuk pakan arwana, louhan, ( di Jepang langsung dimusnahkan )......... dst.

soal shiromuji sendiri .... benar ... biasanya merupakan koi afkiran bahkan ada importir yang kohakunya luntur atau tanhconya kadang pernah "ambil aja pak dodo" ketika saya tanyakan berapa harganya. Waktu itu pas customer saya lagi cari ikan putih semua buat di kolamnya ...

Setuju juga kalo shiromuji sendiri biasanya langsung diculling out ... TAPI .... saya menemukan satu peternak muda yang "nakal" dengan menyimpan ikan putih ini ... lalu saya tanyakan kenapa dia simpan ikan putih bukannya shiromuji ikan afkiran, dan dia hanya berkata ...."ini ikan hobby saya" .... rasanya sekitar 70cm sansai ...
http://i296.photobucket.com/albums/mm165/rvidella/Shiromuji_tani.jpg


siapakah breeder nakal itu?
http://i296.photobucket.com/albums/mm165/rvidella/IMG_7701.jpg


siapakah gayanya yang paling nakal? ..... the birthday boy yang belum traktir nihhhhhhhhhhhhh ........
http://i296.photobucket.com/albums/mm165/rvidella/IMG_7621.jpg

Saung Koi
09-01-2011, 07:17 PM
Om Baruna...ikut support ahhh...:thumb:
Saya punya yg Ginrin Om...size 50 Bu Nisai...hehe
http://i683.photobucket.com/albums/vv198/Saung_Koi/ShiromujiGinrin50Bu.jpg

baruna02
09-01-2011, 08:26 PM
Oh gitu ya Pak Abi, Om Neutokoi

Kesian banget yah sama shiromuji..belum merasakan nikmatnya dunia udah dibuang..hehhe

Btw, shiromuji ini mendapatkan award di jepun sono, pastilah ia punya keistimewaan yg luar biasa


http://i802.photobucket.com/albums/yy305/baruna02/18_th.jpg
http://www.niigata-nishikigoi.com/node/960

Om Dodo, itu farm mana yah? maklum newbie

Saung Koi, shiromuji ginrin ..hmmm..katanya langka yah..

ademilanforever
09-01-2011, 08:58 PM
Om Dodo, itu farm mana yah? maklum newbie

Saung Koi, shiromuji ginrin ..hmmm..katanya langka yah..

Kalo ga salah Taniguchi yah Kang Dodo......

h3ln1k
10-01-2011, 04:14 PM
Oh gitu ya Pak Abi, Om Neutokoi

Kesian banget yah sama shiromuji..belum merasakan nikmatnya dunia udah dibuang..hehhe

Btw, shiromuji ini mendapatkan award di jepun sono, pastilah ia punya keistimewaan yg luar biasa


http://i802.photobucket.com/albums/yy305/baruna02/18_th.jpg
http://www.niigata-nishikigoi.com/node/960



matanya merah merah tuh shiromuji

baruna02
10-01-2011, 04:49 PM
Om h3ln1k, kalo mata merah patut di koleksi yah om ? Mesti di cari nih

h3ln1k
10-01-2011, 04:53 PM
Om h3ln1k, kalo mata merah patut di koleksi yah om ? Mesti di cari nih

wkwkwk unik aja om sekilas ga keliatan tapi kalo diliat didalam itemnya ada warna merah kinclong mgkin itu shiromuji menang bodi bagus, shiroji bagus, fukurin keluar makanya juara

baruna02
10-01-2011, 06:20 PM
wkwkwk unik aja om sekilas ga keliatan tapi kalo diliat didalam itemnya ada warna merah kinclong mgkin itu shiromuji menang bodi bagus, shiroji bagus, fukurin keluar makanya juara

Makasih atas pencerahannya

baruna02
10-01-2011, 06:22 PM
wkwkwk unik aja om sekilas ga keliatan tapi kalo diliat didalam itemnya ada warna merah kinclong mgkin itu shiromuji menang bodi bagus, shiroji bagus, fukurin keluar makanya juara

Makasih atas pencerahannya om

rvidella
10-01-2011, 07:45 PM
Kalo ga salah Taniguchi yah Kang Dodo......


Oh gitu ya Pak Abi, Om Neutokoi

Kesian banget yah sama shiromuji..belum merasakan nikmatnya dunia udah dibuang..hehhe

Btw, shiromuji ini mendapatkan award di jepun sono, pastilah ia punya keistimewaan yg luar biasa


http://i802.photobucket.com/albums/yy305/baruna02/18_th.jpg
http://www.niigata-nishikigoi.com/node/960

Om Dodo, itu farm mana yah? maklum newbie

Saung Koi, shiromuji ginrin ..hmmm..katanya langka yah..

sesama newbie harus saling kasih tahu om ... biar kita sama-sama pinter .... Yoichi Taniguchi dari Taniguchi Koi Farm

baruna02
11-01-2011, 08:06 AM
sesama newbie harus saling kasih tahu om ... biar kita sama-sama pinter .... Yoichi Taniguchi dari Taniguchi Koi Farm

hhha..ha..thank you Om Dodo

showa
11-01-2011, 09:24 AM
bicara shiromuji............, koi dgn tampa pigmen.............

sebenarnya utk kalangan breeder tertentu jika bener bener shiromuji dari lahir dan betina serta bukan karena pigmen yg hilang............putihnya yg bersih pasti di kejar kejar tuh
ikan seperti yg saya gambarkan ini rada langka ............

karena umumnya orang tdk suka akan shiromuji............akan tetapi jika sudah tau kelebihannya wah pasti berdecak kagum.

lebih kurangnya saya mohon maaf.

dattairadian
11-01-2011, 10:34 AM
Shiromuji jelas ikan afkir..
Shiromuji di atas berhasil mendapatkan penghargaan (penghargaannya pun bukan penghargaan utama dalam kontes) karena ukuran badannya dan juga matanya yang merah (ini kasus yang sangat jarang sekali).

Taniguchi keep shiromujinya tentu dengan beberapa pertimbangan, apalagi dia adalah seorang breeder. Misinya adalah untuk mendapatkan anakan yang beberapa kualitasnya sama dengan induknya. Mungkin saja shiromujinya tersebut memiliki kualitas (shiroji atau skin) yang sangat baik, atau mungkin saja dia dapat melihat adanya "potensi" pada shiromuji tersebut, tentunya melihat dengan "kaca mata" breeder...

engky
11-01-2011, 11:43 AM
klo shiromuji di jadikan indukan.....

neutokoi
11-01-2011, 11:51 AM
Kalo mata merah berarti albino dong..

rvidella
11-01-2011, 04:23 PM
klo shiromuji di jadikan indukan.....

saya juga penasaran ama hal ini
shiromuji betina vs shiromuji jantan .....

ayo ayo sapa mau test

dattairadian
11-01-2011, 05:15 PM
shiromuji betina vs shiro utsuri jantan
shiromuji betina vs kohaku jantan
masa iya shiromuji vs shiromuj do???

shiromuji betinanya juga jangan asal shiromuji ya... tapi dengan "kualitas & potensi tertentu..."

baruna02
11-01-2011, 05:36 PM
shiromuji betina vs shiro utsuri jantan
shiromuji betina vs kohaku jantan
masa iya shiromuji vs shiromuj do???

shiromuji betinanya juga jangan asal shiromuji ya... tapi dengan "kualitas & potensi tertentu..."

Hayo om-om breeder..pernah ada yang coba? Makin penasaran nih
Jangan - jangan di bunker breeder di jepun sono tersimpan indukan shiromuji semua..sebagai senjata rahasia..hehhe

abiserpong
11-01-2011, 06:11 PM
saya juga penasaran ama hal ini
shiromuji betina vs shiromuji jantan .....

ayo ayo sapa mau test


shiromuji betina vs shiro utsuri jantan
shiromuji betina vs kohaku jantan
masa iya shiromuji vs shiromuj do???

shiromuji betinanya juga jangan asal shiromuji ya... tapi dengan "kualitas & potensi tertentu..."


Hayo om-om breeder..pernah ada yang coba? Makin penasaran nih
Jangan - jangan di bunker breeder di jepun sono tersimpan indukan shiromuji semua..sebagai senjata rahasia..hehhe
Rasanya Menjadikan Shiromuji sebagai Oyagoi lebih banyak ruginya dari pada untungnya ..... diantaranya pasti banyak anakannya yang tidak berpigmen warna ( afkir ), dan juga merupakan suatu langkah mundur ( nenek moyang koi pada awalnya adalah se warna, melalui persilangan dan mutasi yang sangat lama dan panjang sampai pada akhirnya dihasilkan Koi dengan 2 dan 3 warna seperti yang kita kenal sekarang ).

Setuju dengan om datta........
Kecuali Oyagoi Shiromujinya memang sangat - sangat luar biasa kualitas atau potensinya yang tidak dimiliki oleh varitas lainnya yang sudah kita kenal sekarang.
Seperti yang pernah dilakukan oleh Koi No Yohei ...... mengejar pertumbuhan yang luar biasa.

............................. Lebih dari dua puluh tahun silam, Yohei Nagasagi hanya seorang penggemar berat koi yang bermimpi menjadi peternak. Lelaki asal Nagoya ini meninggalkan usahanya di bidang konstruksi yang telah mapan dan pergi belajar kepada Kinichiro Sakuma, seorang peternak koi dari Isawa. Salama bertahun – tahun dia memperdalam pengetahuan dalam memijah koi, menyortir burayak dan merawat koi – koi berkualitas.

Berbekal itulah Yohei memutuskan mengibarkan benderanya sendiri di Toyota City, kampung halamannya yang terletak tak jauh dari kota Nagoya. Tetapi jalan yang ditempuhnya sama dengan peternak Jepang umumnya: Indukan biasa, anakan pun tak istimewa. Sampai pada suatu ketika timbul keinginannya yang lain, melahirkan koi – koi jumbo yang lebih besar dari ukuran jumbo saat itu.

Suatu hari di tahun 2006, seorang pelanggannya membisikan kabar tentang seekor magoi aneh bersisik putih: Shiro Magoi, yang dimiliki seorang peternak. Cerita tentang magoi (yang aslinya karper hitam) jenis albino sudah lama beredar di kalangan peternak jepang, tetapi hanya sebatas cerita mistik. Maklum belum pernah ada yang benar – benar melihatnya.
Tetapi sang pelanggan berhasil meyakinkan Yohei, dan berdua mereka ke tempat itu. Disana, dipinggir kolam Yohei terpaku menatap kibasan tubuh raksasa koi bewarna putih dengan sisik berbingkai jaring hitam. Magoi Albino! FIrasat Yohei bertutur: Inilah ikan istimewa yang dicari – carinya selama ini.

Dengan usaha keras dan berbagai bujuk rayu, dia berhasil meminjam sang Magoi Albino untuk dikawinkan dengan dua pejantan sanke terbaik miliknya. Sang Magoi itu bertubuh sempurna dengan panjang 1m. Yohei kemudian memberi julukan magoi itu Monster.

Pemijahan pertama berhasil, tetapi anakannya hanya berupa koi – koi putih. Beberapa diantarasnya ada yang sedikit berjaring hitam seperti Matsuba, yang lainnya penuh bercak hitam bak Shiro Bekko. Tidak ada satupun yang berpola warna merah. Tetapi Yohei menyaksikan sesuatu yang istimewa: dalam waktu singkat koi – koi ini tumbuh jauh lebih cepat dibandingkan anakan koi biasa.
Beberapa jenis Shiro Bekko dan Shiro Muji tetap dipilihnya untuk dibesarkan. Karena pertumbuhannya luar biasa, Yohei Nagasaki tak ragu menyebut koi – koi dari ternakan Koi No Yohei sebagai koi hybrid.

Koi – koi generasi pertama ini yang menjadi tonggak masa depan Koi No Yohei. Beberapa diantaranya kemudian dikawinkan dengan koi biasa jenis sanke, showa, dan goshiki untuk melahirkan generasi ketiga. Kemudian anak – anak dari generasi ini saling dipijahkan ketika telah tiba waktunya untuk melahirkan koi generasi keempat.

Generasi terakhir ini bertumbuh jauh lebih bagus dari leluhurnya, bahkan beberapa kali lebih bagus dari koi – koi peternak lain yang juga bereksperimen dengan Magoi hitam. Di generasi keempat ini, dua keunggulan sudah berpadu: Kualitas warna dan pertumbuhan yang luar biasa.

Khalayak penggemar dan peternak koi di Jepang terhenyak ketika mengetahui betapa koi – koi hybrid dari koi no yohei dapat tumbuh 30 cm dalam usia lima bulan, 75 cm dalam usia 1,5 tahun dan telah mencapai ukuran 90 cm dalam usia 3 tahun! Dan semuanya tidak dicapai dalam kolam lumpur yang kaya nutrisi tetapi di kolam beton beratap.

Peternak koi di Jepang dikhabarkan sudah banyak yang mengoleksi Koi No Yohei dan menjadikannya sebagai indukan, mencoba peruntungannya melahirkan koi – koi berukuran besar dengan tampilan mempesona. Diluar Jepang, khalayak penggemar koi di Eropa dan Amerika beruntung karena Koi No Yohei sudah dipasarkan sejak beberapa tahun yang lalu.......................................... (Diadaptasi dari “Koi Hibrida Yohei”, Majalah KOI-S Edisi No. 4/Vol I/Maret – April 2009, oleh Tyo Arungtasik)

baruna02
11-01-2011, 07:46 PM
Pak Datta, Pak Abi dan rekan lainnya terima kasih atas sharing infonya.

Terlepas dari apa yg disampaikan oleh para senior/rekan, sy masih mencoba bertanya kepada diri saya sendiri "apakah shiromuji DICIPTAKAN hanya berguna sebagai generasi awal pembentuk koi yg kita lihat skg. Apakah dia diciptakan utk sebuah kesia-siaan (dipelihara rugi, dijual tidak laku). Apakah tidak ada mamfaat lain selain dibuang atau dicacah sbg bahan pangan. Padahal apapun yg DICIPTAKAN di alam semesta ini pasti ada mamfaatnya".

Ya sudahlah..biarlah ini menjadi pertanyaan saya sendri.

dattairadian
11-01-2011, 09:55 PM
Pucuk dicinta ulam tiba...
di majalah Nichirin terbaru (Januari 2011) ada breeder Jepang yang punya oyagoi male kebanggaannya seekor shiromuji..
Oyagoi male ini asalnya adalah seekor kohaku...

rvidella
11-01-2011, 10:11 PM
Pucuk dicinta ulam tiba...
di majalah Nichirin terbaru (Januari 2011) ada breeder Jepang yang punya oyagoi male kebanggaannya seekor shiromuji..
Oyagoi male ini asalnya adalah seekor kohaku...


shiromuji betina vs shiro utsuri jantan
shiromuji betina vs kohaku jantan
masa iya shiromuji vs shiromuj do???

shiromuji betinanya juga jangan asal shiromuji ya... tapi dengan "kualitas & potensi tertentu..."

penasarn karena postingan u diatas boss datta

seekor kohaku luntur menjadi shiromuji dikawinkan dengan shiromuji lainnya ... jangan shiromuji dari shiro karena pengalaman saya selama baru 4 tahun ini .... se-shiromuji-nya shiro ... suminya akan keluar lagi tergantung air .... tapi kalo kohaku luntur .... sulit keluar lagi merahnya kalo sudah jadi shiromuji ....

makanya guaaaaaaaaaaaaaaaaatel bener shiromuji betina kawin sama shiromuji jantan yang keduanya sama sama bekas lkohaku luntur .... anaknya kayak apa? rasanya sih pigmen di dalamnya tetep ada kohakunya yah ... sehingga anakkannya mungkin akan keluar kohaku juga ....

mungkin kayak om baruna .... mungkin ini juga akan menjadi pertanyaan bagi saya sendiri

dodo

dattairadian
12-01-2011, 05:15 AM
ini penampakan shiroji male parentnya (usia 20thn!):
http://i153.photobucket.com/albums/s225/dattairadian/shiromujiparent.jpg

ini saat dipairing nya:
http://i153.photobucket.com/albums/s225/dattairadian/shiromujipairing.jpg
perhatikan kualitas shirojinya. Pertimbangan kualitas sperma kelihatannya (mungkin) juga jadi pertimbangan sang breeder...

*sumber photo : Nichirin Januari 2011

neutokoi
12-01-2011, 11:28 AM
Pak Datta, Pak Abi dan rekan lainnya terima kasih atas sharing infonya.

Terlepas dari apa yg disampaikan oleh para senior/rekan, sy masih mencoba bertanya kepada diri saya sendiri "apakah shiromuji DICIPTAKAN hanya berguna sebagai generasi awal pembentuk koi yg kita lihat skg. Apakah dia diciptakan utk sebuah kesia-siaan (dipelihara rugi, dijual tidak laku). Apakah tidak ada mamfaat lain selain dibuang atau dicacah sbg bahan pangan. Padahal apapun yg DICIPTAKAN di alam semesta ini pasti ada mamfaatnya".

Ya sudahlah..biarlah ini menjadi pertanyaan saya sendri.
Wah, om Baruna menikmati hobi koi dari sisi "spiritual" nih, kalo menurut saya sih shiromuji diciptakan utk menunjukkan sebuah PERBEDAAN, dan tetap ada nilainya, tetap ada yg suka, dan malahan di posting om Datta ada yg menjadikannya indukan, kalau akhirnya dijadikan sebagai bahan pangan juga bermakna, dan yg terpenting adalah dgn adanya shiromuji membuat ikan2 lain yg berpigmen menjadi lebih berwarna dan lebih bernilai


penasarn karena postingan u diatas boss datta

seekor kohaku luntur menjadi shiromuji dikawinkan dengan shiromuji lainnya ... jangan shiromuji dari shiro karena pengalaman saya selama baru 4 tahun ini .... se-shiromuji-nya shiro ... suminya akan keluar lagi tergantung air .... tapi kalo kohaku luntur .... sulit keluar lagi merahnya kalo sudah jadi shiromuji ....

makanya guaaaaaaaaaaaaaaaaatel bener shiromuji betina kawin sama shiromuji jantan yang keduanya sama sama bekas lkohaku luntur .... anaknya kayak apa? rasanya sih pigmen di dalamnya tetep ada kohakunya yah ... sehingga anakkannya mungkin akan keluar kohaku juga ....

mungkin kayak om baruna .... mungkin ini juga akan menjadi pertanyaan bagi saya sendiri

dodo

Menurut saya biarpun statusnya sekarang shiromuji, tapi gen2 dari indukannya tetap ada sebagian yg masih menempel di dna ikan tersebut dan diharapkan akan keluar pada generasi berikutnya.

dattairadian
12-01-2011, 01:29 PM
jawaban yang sangat bagus & sangat bijaksana... :clap2:

baruna02
12-01-2011, 07:50 PM
[QUOTE=neutokoi;303535]Wah, om Baruna menikmati hobi koi dari sisi "spiritual" nih, kalo menurut saya sih shiromuji diciptakan utk menunjukkan sebuah PERBEDAAN, dan tetap ada nilainya, tetap ada yg suka, dan malahan di posting om Datta ada yg menjadikannya indukan, kalau akhirnya dijadikan sebagai bahan pangan juga bermakna, dan yg terpenting adalah dgn adanya shiromuji membuat ikan2 lain yg berpigmen menjadi lebih berwarna dan lebih bernilai

waduh om...menilai koi aja sulit apalagi masuk ke ranah spritual...gak mampulah otak ini
thank you om atas masukkannya..