Hello guest! It looks like you aren't a member already. Get now full access and register for free! And Don't Forget to get our KOI's ID Member Card


Penjurian KC ISM: Sakai Kohaku dan Sanke akan segera dilakukan, Klik Disini Untuk Info Selengkapnya.


Page 3 of 5 FirstFirst 12345 LastLast
Results 21 to 30 of 46

Thread: The Mud Pond Forum

  1. #21
    Grand Champion KOI's ID:
    Join Date
    Feb 2007
    Location
    Pondok Gede
    Posts
    3,514
    Rep Power
    84
    mari kita mulai diskusi semoga dapat saling mengisi.


    jika boleh setiap pertanyaan...........diberi kan nomer urut sehingga setiap jawaban pun akan di berikan nomer berdasarkan dengan nomer urut.
    saya akan coba ya........

    misal dari pertanyaan id Anato

    1.kolam beton dikasih lumpur apa bisa kondisinya seperti mud pond di kolam tanah?
    2.Berapa ketebalan mudnya?
    3.sebaiknya media mud dari apa (tanah hitam/tanah merah/pasir/lumpur sawah)?
    4.kolam mengalir/tidak? dan setelah panen mud harus diangkat/tidak?

    baik kita mulai bantu jawab semoga kawan yg lainnya dapat menambahkan jika salah mari kita saling koreksi atau saling mengingatkan dgn harapan kita dapat terus lebih baik.

    jawaban :

    1. Kolam beton dan kolam lumpur , ini adalah dua kolam yang berbeda.............sedangkan fungsinya memang sama akan tetapi cara buatnya berbeda lalu tdk bisa juga kolam beton/semen
    setelah di isi lumpur lalu di katakan sebagai kolam lumpur walau pun di beri ketebalan lumbur yg bagus.

    2. jawaban pertanya ini sudah terjawab di pertama ya.

    3. Kolam lumpurnya sebaiknya terbuat dari apakah yang baik.......?, sebenarnya kolam lumpur ...........kata kata lumpur itu berarti tanah , sedangkan tanah itu dapat saja berupa tanah merah
    atau tdk merah......., yg terpenting adalah lumpur tadi atau tanah tadi dapat membantu proses pembentukkan bahan pakan yg di perlukan oleh burayak burayak ikan koi.
    Jadi baik itu tanah atau pasir bahkan bebatuan selama lahan tersebut dapat membuat pakan alami yg baik utk burayak ikan makan syah syah saja.

    hanya dari pengalaman biasanya tanah berlumpur entah itu dari berasal tanah merah atau tanah lainnya utk burayak sangat cocok sekali untuk pertumbuhan burayak ikan. dikarenakan
    jika kita mau mengolah bahan utk burayak sebelum di turunkan ke kolam prosesnya cepat berhasilnya.

    4. Apakah kolamnya perlu di aliri air.............., tentukan dgn adanya aliran air yg stabil utk kolam itu akan semangkin baik.

    Demikian kira kira obrolannya pasti masih banyak kurangnya akan tetapi semoga dapat bermamfaat, silahkan di koreksi atau di tambahi utk lebih bermakna silaturahim ini.
    KOI's ID : 2006 0021 0005 - www.pondokkoi.com

  2. #22
    Grand Champion KOI's ID:
    Join Date
    Feb 2007
    Location
    Pondok Gede
    Posts
    3,514
    Rep Power
    84
    Untuk Om Rico di bali.............


    mungkin kalo boleh saya ulang pertanyaannya adalah.......:

    1. Bagaimana perawatan kolam Mudpond.......
    2. Apakah sumber mata air perlu di treatmen terlebih dahulu jika mau di mamfaatkan utk mengaliri kolam mudpond......?
    3. Bagaimana dengan system di kolam mudpond.....?
    4. Apakah dinding mudpond perlu di cor......?

    coba kita jawab ya Om semoga kita dapat saling bantu........

    1. Perawatan kolam apapun peruntukkannya entah itu kolam di rumah atau di sawah atau dimana saja tetap diperlukan perawatan. hanya caranya saja yg berbeda.
    2. Khusus kolam mudpond yg memakai pemamfaatan mata air ini perlu konsen yg rada berbeda dikarena mata air memiliki kondisi yg berbeda., diperlukan treatmen yg berbeda.
    ( mungkin Om Hari dari Gen koi sudah menjawab juga jika memang sumber mata air nya dapat membuat ikan mas sehat dan baik, pasti utk ikan koi juga baik )

    hanya perlu di garis bawahi saja sedikit apakah utk ikan mas besar atau ikan koi besar atau utk ikan kecil atau burayak..........
    dari pengalaman di daerah sukabumi/tapos pemamfaatan mata air utk burayak kurang begitu baik utk pertumbuhan, akan tetapi jika di olah terlebih dahulu mungkin saja dapat menghasilkan
    yg lebih baik.

    walau bagaimana pun masih masih daerah pastinya unsur mata airnya pasti akan berbeda kandungan mineral yg terkandung di dalamnya bukan tdk mungkin mata air di bali lebih baik.?, yg
    terbaik adalah dicoba.......dan dicoba serta di lihat bagaimana kenyataan setelah di coba.......?

    3. System di mudpond seperti apa sih..........?, ini sangat bergantung dgn daerah dimana sumber air yg mau di pakai.........yg terpenting adalah suply air yg banyak dan tdk terhenti oleh
    kemarau. setelah itu baru kita dapat bicara system.......

    4. Apakah dinding kolam mudpond perlu di cor...........?, ini sangat bergantung ke situasi kontur tanah di derahnya.


    lebih kurang nya mohon maaf silahkan di tambah atau di koreksi jika kurang pas.
    KOI's ID : 2006 0021 0005 - www.pondokkoi.com

  3. #23
    Junior Young Champion KOI's ID: fayzacantik's Avatar
    Join Date
    Oct 2010
    Location
    Magelang
    Posts
    61
    Rep Power
    11
    Sekedar berbagi pengalaman,
    1. air dari mata air mempunyai DO yang rendah (thanks om Datta) sekalipun dengan volume yang berlimpah sehingga diperlukan aerator/venturi/air terjun/air mancur untuk memperbaiki DO
    2. saya tidak bisa membedakan ikan yang baru diangkat dari mudpond saya dengan ikan yang baru diangkat dari concrete pond
    3. Ikan yang akan dimasukkan ke Mudpond harus benar-benar sehat, karena mudpond biasa nya cukup luas penanganan ikan sakit jauh lebih sulit dari concrete pond
    4. parameter air di mudpond jauh lebih stabil tetapi kalau saya pribadi menerapkan 9 bulan on 3 bulan off arti nya 9 bulan kolam terisi air+ikan dan 2 bulan kolam kosong air 1 bulan kolam berisi air tanpa ikan
    5. kolam yang akan dipakai harus di disinfectant dulu
    6. pembuatan kolam/penempatan air masuk harus mengikuti kaidah baku pembuatan kolam agar tidak ada dead spot
    7. yang ini ngak jelas tapi hasil praktek dan seperti nya berhasil. pada saat pancaroba/pergantian musim kurangi pemberian pakan jaga pasokan air.
    8. ini hanya logika, kenapa mudpond ? tempat lebih luas biaya pembuatan lebih murah, biaya perawatan lebih kecil harus dibarengi dengan pengurangan populasi, bukan karena air berlimpah isi kolam dipadatkan hasilnya muspro/mubazir (mau coba ? tanya Om-Om jepang )

    a.

  4. #24
    Junior Young Champion KOI's ID:
    Join Date
    Apr 2010
    Location
    pekanbaru
    Posts
    88
    Rep Power
    11
    Quote Originally Posted by GenKoi View Post
    Apa yang diharapkan dengan pemberian lapisan lumpur ini ?
    gak pake lumpur gk jadi mud pond donk om...
    hehehe maaf kalo nubie salah...
    ANATO KOI

  5. #25
    Junior Young Champion KOI's ID:
    Join Date
    Apr 2010
    Location
    pekanbaru
    Posts
    88
    Rep Power
    11
    Quote Originally Posted by showa View Post
    mari kita mulai diskusi semoga dapat saling mengisi.


    jika boleh setiap pertanyaan...........diberi kan nomer urut sehingga setiap jawaban pun akan di berikan nomer berdasarkan dengan nomer urut.
    saya akan coba ya........

    misal dari pertanyaan id Anato

    1.kolam beton dikasih lumpur apa bisa kondisinya seperti mud pond di kolam tanah?

    1. Kolam beton dan kolam lumpur , ini adalah dua kolam yang berbeda.............sedangkan fungsinya memang sama akan tetapi cara buatnya berbeda lalu tdk bisa juga kolam beton/semen
    setelah di isi lumpur lalu di katakan sebagai kolam lumpur walau pun di beri ketebalan lumbur yg bagus.
    Jadi menurut om, sebaiknya untuk burayak pakai kolam concrete atw kolam concrete yang diisi lumpur om?
    apa pengertian mud pond seperti kolam tanah yang besar, padahal kalo kolam concrete yang besar yang diisi lumpur juga berfungsi sama.
    cuma bedanya yang satu beralaskan semen yang lain tidak.
    makanya ketebalan lumpur apakah membawa pengaruh untuk penguraian sisa-sisa kotoran ikan?
    Mohon pencerahannya lagi om Showa...
    ANATO KOI

  6. #26
    Junior Young Champion KOI's ID: Rico Andydarma's Avatar
    Join Date
    Dec 2009
    Location
    The Island Of GOD
    Posts
    117
    Rep Power
    13
    Quote Originally Posted by GenKoi View Post
    Sepertinya banyak yang tertarik dengan sub folder mud pond , kalau saya usul sekalian ditambahkan jadi sub folder mud pond & japung .

    Mengapa perlu sub folder ini ? karena bagaimana bisa dibayangkan kalau di Jepang nggak ada mudpond , semoga dengan bertambahnya pengetahuan mengenai mudpond dan japung jumlah produksi koi di Indonesia bisa bertambah banyak sehingga kualitasnya bisa juga akan bertambah.
    Mengenai moderator banyak yang bisa saling mengisi seperti dari Malang, Blitar, Sukabumi, Tapos , Sleman, Puncak dsbnya

    Mengenai pertanyaannya sendiri saya coba jawab : kalau ikan mas disana bisa tumbuh baik yaa nggak perlu di treatment - idealnya cek parameter airnya. Mengenai air ngalir terus tambah baik, dinding nggak perlu di beton juga nggak apa2 selama ketinggian air bisa dipertahankan
    Quote Originally Posted by showa View Post
    Untuk Om Rico di bali.............


    mungkin kalo boleh saya ulang pertanyaannya adalah.......:

    1. Bagaimana perawatan kolam Mudpond.......
    2. Apakah sumber mata air perlu di treatmen terlebih dahulu jika mau di mamfaatkan utk mengaliri kolam mudpond......?
    3. Bagaimana dengan system di kolam mudpond.....?
    4. Apakah dinding mudpond perlu di cor......?

    coba kita jawab ya Om semoga kita dapat saling bantu........

    1. Perawatan kolam apapun peruntukkannya entah itu kolam di rumah atau di sawah atau dimana saja tetap diperlukan perawatan. hanya caranya saja yg berbeda.
    2. Khusus kolam mudpond yg memakai pemamfaatan mata air ini perlu konsen yg rada berbeda dikarena mata air memiliki kondisi yg berbeda., diperlukan treatmen yg berbeda.
    ( mungkin Om Hari dari Gen koi sudah menjawab juga jika memang sumber mata air nya dapat membuat ikan mas sehat dan baik, pasti utk ikan koi juga baik )

    hanya perlu di garis bawahi saja sedikit apakah utk ikan mas besar atau ikan koi besar atau utk ikan kecil atau burayak..........
    dari pengalaman di daerah sukabumi/tapos pemamfaatan mata air utk burayak kurang begitu baik utk pertumbuhan, akan tetapi jika di olah terlebih dahulu mungkin saja dapat menghasilkan
    yg lebih baik.

    walau bagaimana pun masih masih daerah pastinya unsur mata airnya pasti akan berbeda kandungan mineral yg terkandung di dalamnya bukan tdk mungkin mata air di bali lebih baik.?, yg
    terbaik adalah dicoba.......dan dicoba serta di lihat bagaimana kenyataan setelah di coba.......?

    3. System di mudpond seperti apa sih..........?, ini sangat bergantung dgn daerah dimana sumber air yg mau di pakai.........yg terpenting adalah suply air yg banyak dan tdk terhenti oleh
    kemarau. setelah itu baru kita dapat bicara system.......

    4. Apakah dinding kolam mudpond perlu di cor...........?, ini sangat bergantung ke situasi kontur tanah di derahnya.


    lebih kurang nya mohon maaf silahkan di tambah atau di koreksi jika kurang pas.
    terimakasih banyak atas saran dan pencerahannya ya om.. nanti saya akan test parameter airnya dan akan saya coba beberapa ikan dlu..
    Btw kalo di Gunung Batukaru itu klo ga salah ada mudpondnya om Chandra.. kira" air yang dipakai kurang lebih sama ga parameternya yaa..?
    Loving "The Living Jewel"

  7. #27
    Grand Champion KOI's ID:
    Join Date
    Feb 2007
    Location
    Pondok Gede
    Posts
    3,514
    Rep Power
    84
    semoga kawan kawan yg lain dapat menambahkan ya om om......................



    sedikit kita kembali ulas soal :

    atas pertanyaan Om Anato

    1. kolam sawah atau kolam mud pond
    ( kolam ini sangat baik utk perkembangan burayak ikan koi, karena apa........?, dia memiliki dasar lumpur dimana lumpur dapat membentuk proses pembentukkan pakan alami yg di
    butuhkan oleh ikan ikan kecil......................, jika lumpur di olah utk persiapan pakan dgn media pendukung maka proses pakan alami akan cepat jadi ini akan membantu proses planing
    yg baik berapa lama ikan ikan tadi akan tinggal disana. sehingga produksi dapat di rencanakan dgn matang.)

    kolam sawah ini tdk akan kenal masa olah, selama lumpur ada maka pakan alami akan dapat di buat dgn normal.
    sedangkan racun yg akan timbul di karena kan berbagai hal akan ternetralisir secara alami oleh lumpur tadi.


    2. kolam semen yg diisi lumpur
    (yaitu kolam yg secara keseluruhan adalah semen.............sebagai contoh anggap kolam kita di rumah........kenapa kita selalu harus buang kotoran di chamber chamner kolam kita....?
    yg notabene sudah di dukung kondisi filter dgn media yg baik ...?)
    pastinya om tau itu kenapa harus dibuang kotoran kotoran di setiap chamber .............., mungkin sedikit saya ulas hal itu dikarenakan pasti dari pakan serta amoniak yg ada di kolam akan
    tdk hilang menjadi O %, sehingga kita coba membantu dgn cara flash kotoran kotoran tadi dengan harapan kotoran yg sudah tdk dapat ter olah menjadi makanan seperti cacing cacing
    halus maka akan terbuang.)

    Jadi dapat di bayangkan jika kolam semen di isi lumpur saja terus di mamfaatkan utk membesarkan ikan apalagi ikan burayak yg pastinya akan memerlukan pakan yg banyak .......hal itu
    menjadi bumerang suatu saat dikarenakan amoniak yg terus bertambah serta kotoran ikan yg terus pula bertambah...............mungkin dapat dibayangkan jadinya seperti apa......?
    tdk kemana kemana semua tercampur menjadi satu bolak balik hanya di kolam semen tsb.

    dan kolam semen yg di isi lumpur tdk akan maksimal jika di olah utk pakan alami atau pakan buatan.


    semoga diskusinya dapat terus di koreksi ya om dan jgn lupa jgn main andai andai dan jgn main coba coba nanti om akan menyesal pada akhirnya dikarenakan kesalahan perancanaan.


    mungkin saya jadikan satu dengan pertanyaan Om Rico............


    Om Rico,.......

    sepertinya om patut main tuh ke tempat om Chandra belajar yg paling cepat adalah praktek langsung dari temen yg terdekat di lokasi disamping kondisi tanah yg sama walau airnya belum tentu
    sama akan tetapi itu akan sangat membantu .

    yg perlu di perhatikan adalah jgn asal melihat tetapi terjun langsung ke lapangan jadi dapat melihat secara detail seperti apa sih sebenarnya kolam sawah/ mud pond itu.....
    beruntunglah om ada breeder terkenal seperti beliau sehingga dapat diskusi.


    selamat mencoba ya om, utk tau secara pasti bawa aja contoh airnya ke lab ya om.


    lebih kurangnya mohon di maatkan silahkan di koreksi dan di tambahkan om om ya.
    KOI's ID : 2006 0021 0005 - www.pondokkoi.com

  8. #28
    Junior Young Champion KOI's ID:
    Join Date
    Apr 2010
    Location
    pekanbaru
    Posts
    88
    Rep Power
    11
    Quote Originally Posted by showa View Post
    semoga kawan kawan yg lain dapat menambahkan ya om om......................



    sedikit kita kembali ulas soal :

    atas pertanyaan Om Anato

    1. kolam sawah atau kolam mud pond
    ( kolam ini sangat baik utk perkembangan burayak ikan koi, karena apa........?, dia memiliki dasar lumpur dimana lumpur dapat membentuk proses pembentukkan pakan alami yg di
    butuhkan oleh ikan ikan kecil......................, jika lumpur di olah utk persiapan pakan dgn media pendukung maka proses pakan alami akan cepat jadi ini akan membantu proses planing
    yg baik berapa lama ikan ikan tadi akan tinggal disana. sehingga produksi dapat di rencanakan dgn matang.)

    kolam sawah ini tdk akan kenal masa olah, selama lumpur ada maka pakan alami akan dapat di buat dgn normal.
    sedangkan racun yg akan timbul di karena kan berbagai hal akan ternetralisir secara alami oleh lumpur tadi.


    2. kolam semen yg diisi lumpur
    (yaitu kolam yg secara keseluruhan adalah semen.............sebagai contoh anggap kolam kita di rumah........kenapa kita selalu harus buang kotoran di chamber chamner kolam kita....?
    yg notabene sudah di dukung kondisi filter dgn media yg baik ...?)
    pastinya om tau itu kenapa harus dibuang kotoran kotoran di setiap chamber .............., mungkin sedikit saya ulas hal itu dikarenakan pasti dari pakan serta amoniak yg ada di kolam akan
    tdk hilang menjadi O %, sehingga kita coba membantu dgn cara flash kotoran kotoran tadi dengan harapan kotoran yg sudah tdk dapat ter olah menjadi makanan seperti cacing cacing
    halus maka akan terbuang.)

    Jadi dapat di bayangkan jika kolam semen di isi lumpur saja terus di mamfaatkan utk membesarkan ikan apalagi ikan burayak yg pastinya akan memerlukan pakan yg banyak .......hal itu
    menjadi bumerang suatu saat dikarenakan amoniak yg terus bertambah serta kotoran ikan yg terus pula bertambah...............mungkin dapat dibayangkan jadinya seperti apa......?
    tdk kemana kemana semua tercampur menjadi satu bolak balik hanya di kolam semen tsb.

    dan kolam semen yg di isi lumpur tdk akan maksimal jika di olah utk pakan alami atau pakan buatan.


    semoga diskusinya dapat terus di koreksi ya om dan jgn lupa jgn main andai andai dan jgn main coba coba nanti om akan menyesal pada akhirnya dikarenakan kesalahan perancanaan.

    Ulasan om Showa masuk akal juga, mungkin kalo kolam betonnya bawahnya tidak di semen tp hanya dindingnya yg dicor lebih mudah untuk perawatan kolamnya.
    ANATO KOI

  9. #29
    Adult Champion KOI's ID: Jian Guo's Avatar
    Join Date
    Feb 2010
    Location
    Semarang
    Posts
    401
    Rep Power
    19
    ternyata ikan dari mudpond tidak hanya asal pindah dan karantina, namun ada pemberian antibiotik seperti yang dilakukan oleh farm Ikarashi berikut....
    http://www.youtube.com/watch?v=DmLgz...eature=related

  10. #30
    Grand Champion KOI's ID:
    Join Date
    Feb 2007
    Location
    Pondok Gede
    Posts
    3,514
    Rep Power
    84
    pastinya begitu om dengan pengetahuan mereka yg terus meningkat dan tingkat kesulitan dari penyakit yg ada pasti akan memiliki variasi penyakit dan pengobatan yg berbeda pula.

    hanya yg jelas semua berpulang ke kondisi dimana ikan itu akan di kembang biakkan atau dibesarkan.

    usahakan jgn bermain bahan kimia di air dikarenakan hal itu tdk akan larut begitu saja apalagi mereka yg memamfaatkan air sungai coba konsultasi terlebih dahulu dgn ahlinya di sekitar lokasi.
    KOI's ID : 2006 0021 0005 - www.pondokkoi.com

Page 3 of 5 FirstFirst 12345 LastLast

Similar Threads

  1. Forum Mantap
    By Coolwater in forum Ngobrol & Ucapan
    Replies: 4
    Last Post: 26-08-2010, 08:14 AM
  2. Forum Do It Yourself (DIY) : Perlukah?
    By arind in forum Ngobrol & Ucapan
    Replies: 15
    Last Post: 25-01-2010, 11:45 AM
  3. PE lining of pond - our trial pond at KC
    By svenni in forum Konstruksi, Sistem Filter dan Kualitas Air Kolam
    Replies: 5
    Last Post: 08-08-2009, 10:01 AM
  4. forum jual koi
    By 3as in forum Komentar dan Saran
    Replies: 11
    Last Post: 23-01-2009, 08:17 PM
  5. Jam KOIs Forum
    By Robby Iwan in forum Komentar dan Saran
    Replies: 6
    Last Post: 16-05-2008, 01:14 PM

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •