Hello guest! It looks like you aren't a member already. Get now full access and register for free! And Don't Forget to get our KOI's ID Member Card


Penjurian KC ISM: Sakai Kohaku dan Sanke akan segera dilakukan, Klik Disini Untuk Info Selengkapnya.


Page 1 of 25 12311 ... LastLast
Results 1 to 10 of 242

Thread: The 1st Gavrilla Keeping Contest 2009

  1. #1
    Grand Champion KOI's ID: Ajik Raffles's Avatar
    Join Date
    Feb 2007
    Location
    among the kois
    Posts
    4,399
    Rep Power
    100

    The 1st Gavrilla Keeping Contest 2009

    Suatu hari di awal tahun 2008, sebuah Kijang Inova memasuki Hanggar Teras Pancoran (HTP) dan berhenti tepat di area Bursa Ikan Hias. Tempat yang biasa digunakan beberapa penggemar koi untuk kongkow - kongkow. Keluar dari mobil bewarna coklat muda itu lelaki berumur yang ditemani supir pribadinya. Dengan ramah dia menyapa kerumunan orang yang ada disana dan berjalan menuju sebuah kios.

    Tidak jauh dari kios itu berkumpul beberapa penggemar yang akhirnya bergabung ketika mengetahui siapa pak tua yang ramah itu. Setelah berkenalan satu sama lain, Pak Tua itu kemudian bertutur panjang.

    Syahdan sekitar dua tahun lalu dia pindah dari Jakarta ke sebuah desa di perbatasan Cipanas – Cianjur menyusul masa pensiun dari sebuah instansi Pemerintah. Disana telah siap sebidang tanah lengkap dengan semua fasilitas peternakan ikan. Dia ingin menghabiskan masa pensiun dengan menjadi petani ikan. Lucunya, dia tidak memilih ikan konsumsi tetapi koi, padahal dia sama sekali belum memiliki pengetahuan apapun tentang koi apalagi beternak koi.

    Walhasil pada satu tahun pertama, Pak Tua itu bagai meretas jalan panjang tak berujung. Dia mendapat bantuan dari banyak orang temasuk Dinas Perikanan setempat yang pengetahuan dan pengalamannya malah tidak jauh berbeda dengan dia. Pernah seorang supir dari intansi tersebut mengajarinya dengan gaya profesional melebihi penangkar ternama di Jepang. Hasilnya nol!! Pak Tua itu tidak marah atau menolak pertolongan apapun yang datang meski dalam banyak hal dirasakan aneh. Hatinya terlampau baik.

    Pak Tua ini tidak putus asa. Pengalaman hidup yang sarat catatan prestasi dan keberhasilan selama karir emasnya di sebuah intansi mengajarkan bagaimana caranya berjuang meraih keinginan. Setahun kemudian lewat petualangan di dunia maya tanpa disangka dia “tersesat di jalan yang benar”. Dia menemukan sebuah tempat yang kelak kemudian hari mengubah arah hidup peternakannya. Kita mengenal tempat itu sebagai “Forum KOI’s”.

    Dengan penuh rasa ingin tahu dia masuk dan bergabung. Dia baca lahap semua postingan dan diskusi yang ada. Awalnya dia tidak percaya diri untuk terlibat dalam diskusi. Dia hanya membaca, mencerna dan mencatat ke dalam memorinya semua diskusi antara lain dari Datta, Chester, koilvr dan banyak lagi yang lainnya. Banyak hal dalam diskusi di forum yang bak membuka jalan baginya, yang menambah keyakinan bagaimana dia bisa mengisi masa pensiunnya.

    Sampai suatu ketika rasa ingin tahunya melebihi rasa tidak percaya diri. Mulailah dia memperkenalkan diri di forum dan ikut berdiskusi. Gayanya yang bijak dan kebapakan membuatnya mudah diterima di kalangan anggota fotum. Dia mulai berinteraksi intensif dengan beberapa diantaranya untuk memenuhi dahaganya tentang cara beternak, membesarkan dan megapresiasi koi. Dia mengundang teman – teman barunya datang ke peternakan dan membuka diri terhadap berbagai masukan langsung.

    Pak Tua itu akhirnya paham bagaimana langkah yang seharusnya diayunkan untuk memenuhi keinginan beternak koi. Dia mulai mempraktekan apa yang didapat di forum. Memang belum menghasilkan, tetapi sense dan rasa percaya diri mulai terbangun. Untuk semua itu dia sangat berterimakasih kepada siapapun di forum yang telah begitu banyak membantu, setidaknya memberi dukungan.

    Dan karena alasan itulah dia datang ke HTP merajut janji bertemu dengan teman – teman dunia mayanya.

    Kiranya tidak usah berpanjang lebar mengenai apa yang terjadi pada siang hari itu di HTP. Pertemuan yang membuat kita saling mengenal satu sama lain. Pak Tua yang kemudian kita kenal dengan nama Acep Hidayat atau PutNus dengan rendah hati terus menerus berterimakasih kepada sobat – sobat mudanya. “Kalau tidak karena KOI’s saya tidak akan pernah seperti ini” ujarnya berulang kali. Dia merasakan betul manfaatnya sehingga tanpa canggung selalu menyatakan “Belajar Koi, KOI’s lah tempatnya”

    Pertemuan siang itu relatif singkat, tetapi dampaknya luar biasa. Hubungan dengan Abah, demikian dia membahasakan dirinya, kian terjalin erat. Silih berganti para anggota forum berkunjung dan memberi dukungan untuk terus berkarya. Abah berbenah serius, Fasilitas yang ada dilengkapi agar memenuhi persyaratan, kolam indukan dibangun dan indukan berkualitas mulai dicari, bukan lagi indukan lokal asal tetapi yang penting berkualitas. Papan Nama dipajang mentereng: “Gavrilla Koi Farm”

    Abah yang punya keinginan kuat untuk terus belajar melakukan interaksi intensif untuk mendapatkan lebih banyak masukan. Dia berpartisipasi dalam setiap kegiatan yang diadakan KOI’s. Hanya kegiatan KOI’s yang bisa memaksa Abah turun gunung. Selebihnya? Waktunya lebih banyak dihabiskan untuk belajar langsung dari koi –koi dikolamnya. Ketika tahu KOI’s akan membuat majalah, Abah adalah salah seorang yang berdiri di depan, membuka jalan agar majalah ini bisa eksis. Tak kurang hutang budi KOI’s kepadanya, tetapi bukan semata – mata karena itu hubungan persahabatan keduanya terajut erat. Kesamaan nilai untuk terus mengembangkan komunitas ini membuat hubungan keduanya kian bertaut.

    Hampir dua tahun kemudian Abah sudah menunjukan kemajuan pesat. Sudah piawai mengelola indukan, sudah pandai mengeluarkan telur, pandai pula menekan mortalitas burayak dan menyeleksi burayak terbaik.

    Abah sudah berani menunjukan hasil karyanya. Lewat Sakai Kohaku 78 cm, bloodline Big Rose, Abah mencatat tonggak perjalanannya. Lima bulan kemudian hasil pemijahannya sudah terlihat. Dengan bangga Abah berkirim kabar. “Saya sudah punya 20 ekor anakan kualitas kontes!!” ujarnya suatu ketika

    Tentu saja ini adalah kebanggaan. Kepada kami Abah berucap akan memberikan anakan ini kepada anggota forum, terserah hendak diapakan. Abah hanya mengambil dua ekor dari anakan untuk dibesarkan.

    Team KOI’s segera berangkat ke Puncak untuk melihat karya si Abah. Mata kami terbalak melihat Sanke dan Kohaku kualitas super yang dihasilkan dari pemijahan itu. Kami berbincang dan bercanda mengenang perjalanan panjang yang telah kita lalui. Tak kurang hangat pertemuan kami dengan sajian makan siang yang terasa semakin nikmat disantap di kaki gunung dalam keadaan lapar. “Ibu hanya pandai memasak rawon” katanya merendah ketika melihat kami lahap besantap.

    Setelah perut kenyang, kami mulai melakukan seleksi koi – koi yang akan dibikin kegiatan diforum. Dari 60 ekor seleksi terakhir, KOI’s mengambil 26 ekor untuk kegiatan keeping contest. Foto – foto koi yang terpilih berikut aturan mainnya akan diposting Gading Koi yang dipercaya sebagai organisator kegiatan ini.


    Foto - Foto Kunjungan KOI's:

    Abah menjelaskan kepada rombongan, fasilitas yang ada di gavrilla saat ini





    Fasilitas Gavrilla Koi Farm











    Mengintip "simpanan" Abah



    Ini Dia Dua Jagoan "Big Rose"





    Memenuhi Panggilan Perut.



    Akhirnya Seleksi,





    Yang Terpilih Untuk Keeping Contest

    ajik raffles

  2. #2
    Grand Champion KOI's ID: Davkoi's Avatar
    Join Date
    May 2007
    Location
    Serpong
    Posts
    2,653
    Rep Power
    66

    Re: The 1st Gavrilla Keeping Contest 2009

    Ikan nya TOP dah
    WWW.DAVKOI.COM

  3. #3
    Grand Champion KOI's ID: victor's Avatar
    Join Date
    Mar 2008
    Location
    pekalongan - batang
    Posts
    8,157
    Rep Power
    175

    Re: The 1st Gavrilla Keeping Contest 2009

    Quote Originally Posted by Davkoi
    Ikan nya TOP dah
    kayaknya koi deh om dav :P
    bukan ikan top :P
    ikan top tuh ikan kayak opo tho om?
    www.vickoi.com

  4. #4
    Superior Champion KOI's ID: AirBiru's Avatar
    Join Date
    Nov 2007
    Location
    Bekasi
    Posts
    1,037
    Rep Power
    32

    Re: The 1st Gavrilla Keeping Contest 2009

    Empangnya makin rapih.
    Dan sekarang pilihan ikan utk KC-nya juga bagus2.
    Selamat, Abah, Semoga Sukses.
    BENNY PRIADY
    2009-0021-0245

  5. #5
    Superior Champion KOI's ID:
    Join Date
    May 2008
    Location
    Kaki Gn Salak
    Posts
    1,344
    Rep Power
    38

    Re: The 1st Gavrilla Keeping Contest 2009


    SANKE nya bagus .. Sukses abah ..
    _______________
    Tukang Koi
    apki 106KP2006
    Tukang Koi 08159934278
    Grow & Show
    www.tukangkoifarm.com

  6. #6
    Adult Champion KOI's ID: laukkoi's Avatar
    Join Date
    Mar 2007
    Location
    Depok
    Posts
    426
    Rep Power
    21

    Re: The 1st Gavrilla Keeping Contest 2009

    Farm-nya abah muantab bener ya....
    pasti isinya juga muanteb ...
    Kira-kira kalo aku pensiun nanti ... bisa gak ya punya farm seperti itu....
    = L-a-u-k--k-o-I =

  7. #7
    Junior Young Champion KOI's ID:
    Join Date
    Jun 2009
    Location
    Makassar
    Posts
    111
    Rep Power
    13

    Re: The 1st Gavrilla Keeping Contest 2009

    Terharu mendengar succes story dari Abah.
    Selamat atas keberhasilan yang tercapai sampai saat ini.GBU

  8. #8
    Grand Champion KOI's ID:
    Join Date
    Oct 2008
    Location
    kapuk, jakarta utara
    Posts
    2,154
    Rep Power
    55

    Re: The 1st Gavrilla Keeping Contest 2009

    wow... emank bth komitmen sm keseriusan yg tinggi ya.. salut d
    Salam para seniman koi diseluruh dunia.. haha

    Julius Wijaya
    08159137265
    Kapuk, jakarta utara

  9. #9
    Grand Champion KOI's ID: victor's Avatar
    Join Date
    Mar 2008
    Location
    pekalongan - batang
    Posts
    8,157
    Rep Power
    175

    Re: The 1st Gavrilla Keeping Contest 2009

    Quote Originally Posted by udin

    SANKE nya bagus .. Sukses abah ..
    _______________
    Tukang Koi
    apki 106KP2006
    ini no brapa om udin?
    www.vickoi.com

  10. #10
    Mature Champion KOI's ID:
    Join Date
    May 2009
    Location
    Bandung
    Posts
    539
    Rep Power
    21

    Re: The 1st Gavrilla Keeping Contest 2009

    Sukses Abah!!!
    Semoga bisa menginspirasi koi lovers dan new breeders dalam negri, amin!!!

Page 1 of 25 12311 ... LastLast

Similar Threads

  1. Breeder Keeping Contest and GO
    By victor in forum Ngobrol & Ucapan
    Replies: 46
    Last Post: 16-04-2014, 08:02 PM
  2. SPKC - Malaysia Keeping Contest
    By arungtasik in forum Kegiatan KOI's
    Replies: 126
    Last Post: 16-08-2010, 05:58 PM
  3. Koi no Yohei Keeping Contest 2010
    By luki in forum Kegiatan KOI's
    Replies: 344
    Last Post: 14-08-2010, 11:31 PM
  4. 1st BANZAIKOI - KOHAKU F1 KEEPING CONTEST
    By SUNU in forum Jual Koi
    Replies: 247
    Last Post: 03-05-2010, 02:49 PM
  5. Topkoi Kawarimono Keeping Contest
    By Ajik Raffles in forum Kegiatan KOI's
    Replies: 1330
    Last Post: 15-12-2009, 08:54 PM

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •